widgeo.net

Sabtu, 10 Desember 2011

Cara menghindari kasus penipuan

Mengapa pembeli jangan bertransaksi lewat ym atau fb?
Itu tandanya penjualnya yang berkuasa, penjual bisa menipu pembeli kemudian blokir account pembeli di ym/fbnya. Terus kamu bisa apa ? nomor telepon tidak ada, alamat apalagi. Jadi sebaiknya bertransaksi.

Kalau lewat fb, kan teman-teman dan keluarganya tau, bikin malu?
semua account itu bisa dibuat, mungkin saja accountnya palsu yang diberikan ke kamu. Bisa juga karena mereka membuat pakai identitas palsu. Saya saja bisa bikin sampai 3 fb account. Lagipula di fb, post bisa dihidden atau diban.

Kalau gitu, transaksi lewat nomor telepon saja deh?
Nomor telepon juga tidak aman, tinggal ganti saja. Sekarang ganti nomor hp mudah kok beli saja sim baru, atau lapor ke telekomunikasi diganggu, dengan mudah mereka blokir sebuah nomor. praktiskah?

Alamat saja deh terakhir
Kenapa mereka harus memberikan alamat ke kamu, ingat ini dunia maya bukan nyata, tidak bisa masuk ke toko, seleksi kemudian beli dan membalikkan produknya kalau rusak. Kecuali mereka emang punya toko langsung, atau warnet. Tetapi semua orang berhak untuk punya privasi jadi kalau mereka tidak mau memberikan dirimu, tidak ada yang bisa maksa.

Jadi, tidak ada yang aman deh.
Kenapa tidak bertransaksi lewat pm di Nyit-nyit saja? selain percakapan kalian akan selalu ada, bisa forward langsung ke staff untuk ditindak. Di sini kami menghormati penjual dan pembelinya. Bila ada penipuan, ada yang diban, bila ada penghasutan berarti ada yang diwarn.

Tidak tau cara kasih bukti ke staff.
Berikan nama asli penjual, nomor rekening ke kami ditambah scanning transaksi bank kamu. thread ini mengajarkan gimana bisa attach sebuah gambar, nanti saya tambahkan lagi cara attach di pm.

Pingin transaksi lewat N3, tetapi penjualnya kaga mau katanya jarang online di Nyit-nyit.
Kalau penjualnya berpendapat seperti itu, saya tidak akan mau transaksi dengannya, karena di N3 ada peraturan semua penjual wajib sering online untuk mengurus bisnisnya, kalau tidak gimana user bisa bertanya dan bertransaksi. Seminggu tidak online saja dianggap penipuan karena tidak bisa bertanggung jawab atas thread jual belinya. Lagipula penjual yang baik pasti mau mendapatkan bisnismu dengan menyesuaikan jam, waktu dan tempat dengan pembelinya.

repot gitu mengurus lewat N3, nanti ditipu juga prosesnya lama.
Di N3 setidaknya kami memberikan kesempatan ke penjual dan pembeli untuk mencoba menyelesaikan masalahnya sebelum diban. Kecuali emang sudah ada id yang berulang kali menipu, orang seperti itu tidak kami inginkan menjadi anggota. Kalau emang merasa repot dan tidak ingin jaminan, juga tidak pa pa. Cuma, kami tidak bisa membantu kalau diluar N3 karena bukan daerah kami lagi. fb, ym, telekomunikasi juga powernya limit, jadi saya sarankan jika ada info lebih lengkap (nama, nomor rekening dan telepon), silahkan kamu laporkan ke pihak berwenang.

Nyit-nyit cuma bisa ban saja yang menipu, terus bisa apa lagi?
setidaknya user lain telah kamu bantu supaya tidak ketipu kan? berbuat amal donk.

Saya lapor kemarin malah diwarn.
Tidak semua laporan penipuan itu benar, kadang itu cuma penghasutan tanpa bukti. Seperti itu juga tidak baik donk, nama dan reputasi orang yang dimainkan. Lagipula ada yang melapor dengan cara flamming di thread, melanggar rules untuk mencapai keinginan, apakah itu dewasa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar